Adab Bersin Cara Nabi

Islam adalah agama yang sangat sempurna, sampai-sampai dalam urusan bersin pun telah dijelaskan di dalamnya. Rasulullah telah mengajarkan adab tersebut dan diikuti pula oleh para sahabatnya. Namun, sangat disayangkan bahwa sebagian kaum muslimin pada saat ini tidak memperhatikan adab tersebut  yang justru malah sebaliknya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “ Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap, maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah. Dan kewajiban bagi yang mendengar untuk mendo’akannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari syaiton, hendaklah setiap muslim berusaha untuk menolaknya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara “ha”, maka pada saat itu syaiton menertawakannya.[1] (HR Bukhari)

Adab bersin

Pada saat Abu Dawud (penulis kitab sunan) berada di atas perahu, ia mendengar seseorang yang berada disekitar pantai, bersin dan mengucap hamdalah, maka ia bergegas mendahului mereka (rombongan yang berada di dalam perahu) untuk mendekati sumber suara itu sampai ia mendapati orang yang bersin tadi lantas mengucapkan tasymit [2]kepadanya kemudian ia kembali. Ketika ia ditanyai rombongan mengenai hal itu, ia mengatakan, “ Semoga itu menjadi do’a yang mustajab (dikabulkan)”. Ketika tidur, mereka mendengar suara yang mengatakan, “Wahai rombongan, sesungguhnya Abu Dawud telah membeli surga dari Allah ‘Azza wa Jalla dengan satu dirham.”[3]

Seperti yang telah dicantumkan dalam hadits riwayat Abu Hurairah di atas bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya Allah menyukai bersin.” Mengapa bersin disukai? Karena bersin dapat menyehatkan badan dan menghilangkan keinginan untuk selalu mengenyangkan perut serta dapat membangkitkan semangat dalam beribadah.[4]

Lalu bagaimana adab bersin yang sesuai dengan Rasulullah? Berikut ini kami paparkan adab bersin Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam:

1. Merendahkan suara dan menutup mulut serta wajah saat bersin

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersin, maka beliau menutup wajahnya dengan tangan atau bajunya sambil merendahkan suaranya.[5]

2. Tidak memalingkan leher ke kiri atau ke kanan ketika bersin

Hal ini agar tidak membahayakan kesehatan meskipun dilakukan dengan alasan untuk menghindari orang yang ada di depannya.[6]

3. Mengeraskan bacaan hamdalah meskipun sedang shalat wajib

Para ulama telah bersepakat atas dianjurkannya mengeraskan hamdalah ketika bersin dalam shalat,[7] dan tidak disyari’atkan menjawabnya bagi yang mendengarkannya. Hadits yang membolehkan menjawab hamdalah pada waktu sholat adalah hadits dhoif.[8]

4. Tasymit ( mendoakan seserang yang bersin)

Wajib bagi yang mendengar bacaan hamdalah untuk mengucapkan tasymit yaitu “Yarhamukallaah” dan jika tidak mendengar bacaan hamdalah dari orang yang bersin, maka maka tidak perlu mengucapkan tasymit bagi orang yang ada di sekelilingnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap, maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah. Dan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk bertasymit (mendo’akannya).”[9] Hadits ini menunjukkan bahwa tasymit adalah wajib bagi muslim yang mendengar bacaan hamdalah dari orang yang bersin.

5. Jawaban setelah mendengar orang yang bertasymit

Apabila seseorang yang bersin mengucapkan hamdalah kemudian orang yang mendengarnya bertasymit, maka dianjurkan bagi yang bersin untuk mengucapkan salah satu do’a berikut. Dan merupakan sunnah untuk mengucapkan doa-doa tersebut secara bergantian.

a. Mengucapkan “Yahdiikumullaah wa yuslihu baalakum (semoga Allah memberi hidayah dan memperbaiki keadaan kalian).” (HR. Bukhari)

b. Mengucapkan “Yaghfirullahu lanaa wa lakum (semoga Allah mengampuni kita dan kalian semua).” (HR. Abu Dawud, an-Nasai, dan Tirmidzi)

c. Mengucapkan “Yaghfirullah lakum (semoga Allah mengampuni kalian semua).” (HR. Bukhari dan an-Nasai)

d. Mengucapkan “ Yarhamunallah wa iyyaakum wa yaghfirullahu lanaa wa lakum (semoga Allah merahmati dan mengampuni kami dan kalian semua.” (HR. Malik)

e. Mengucapkan “ Afaanallaah wa iyyaakum minan naari yarhamukumullaah (semoga Allah mengampuni kami dan kalian semua dari api neraka dan merahmati kalian semua)” (HR. Bukhari)

f. Mengucapkan ”Yarhamunallaah wa iyyakum (semoga Allah merahmati kami dan kalian semua)” (HR. At-Thabari)

Semoga Allah senantiasa memudahkan kita semua untuk menjalankan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia ini. Wallahu Ta’ala a’lam.

[Ummu Umar Al-Atsariyyah]

Maroji’ : Adab Menguap dan Bersin [Terj.] karya Ismail ibn Narsyud ibn Ibrohim ar-Rumaih, Pustaka Imam Asy- Syafi’i


[1] HR. Al-Bukhori dalam shahihnya, kitab al-Adab bab Maa yustahabbu minal ‘Uthaas wa maa yukrahu minat  Tatsaa-ub ( VII/124-125)

[2] Tasymit : mendoakan orang yang bersin

[3] Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan dalam Fathul Bari bahwa sanadnya bagus dan diriwayatkan pula oleh Ibnu ‘Abdil Barr (X/626)

[4] Lihat Fathul Baari (X/622)

[5] HR.Ahmad dalam al-Munad (II/439). Syaikh Albani mengatakan hadits ini hasan shahih

[6] Lihat syarah Ibnul ‘Arabi terhadap sunan At-Tirmidzi (X/206) dan Fathul Baari (X/618)

[7] Lihat Al-Adzkaar, hal. 427 karya Imam an-Nawawi

[8] Lihat al-Fawa-idul Majmuu’ah fil Ahadiitsil Maudhuu’ah hal. 222-224 karya imam Asy-Syaukani.

[9] Takhrij hadts telah disebutkan sebelumnya

One Response to Adab Bersin Cara Nabi

  1. Abu Yahya says:

    Ada yg salah dg terjemahan kisah Abu Daud dan rombongan perahu:
    Teks aslinya:
    وكأنه مذهب أبي داود صاحب السنن فإنه أخرج عنه ابن عبد البرّ بسند جيد أنه كان في سفينة فسمع عاطساً على الشط فاكترى قارباً بدرهم حتى جاء إلى العاطس فشمته ثم رجع، فسئل عن ذلك فقال: لعله يكون مجاب الدعوة، فلما رقدوا سمعوا قائلاً يقول لأهل السفينة: إن أبا داود اشترى الجنة من الله بدرهم

    “maka ia bergegas mendahului mereka (rombongan yang berada di dalam perahu) untuk mendekati sumber suara itu”
    فاكترى قارباً بدرهم: artinya: menyewa perahu dengan satu dirham

Leave a comment